rss

Minggu, 16 Januari 2011

Rahasia Otak dalam Huruf Arab

Salah satu fungsi otak kanan manusia adalah untuk menangkap obyek visual, termasuk huruf. Namun, khusus untuk tulisan arab, otak kanan tak digunakan untuk mengenali dan membaca huruf akibat kompleksnya huruf arab.
Karena itu, untuk membaca Arab dibutuhkan kemampuan lebih tinggi dibandingkan membaca tulisan dalam bahasa Inggris. Demikian temuan terbaru Departemen Psikologi bersama Pusat Penelitian otak untuk Studi Ketidakmampuan Belajar Edmond J Safra di Universitas Haifa, Israel.
Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Neuropsychology itu menunjukkan, kemampuan membaca tulisan Arab dikenal lebih berat dibandingkan tulisan bahasa lain, termasuk bahasa Inggris atau bahasa Ibrani. Seorang peneliti Israel, Prof Zohar Eviatar dan Raphiq Ibrahim membandingkan kecepatan dan akurasi membaca sejumlah anak dan orang dewasa yang bahasa ibunya bahasa Arab, bahasa Ibrani (sebagai bahasa yang mirip dengan Arab) dan bahasa Inggris terhadap 40 orang.
Ia menguji kecepatan dan akurasi anak-anak dengan bahasa ibu bahasa Arab untuk mengeja huruf dalam tulisan Arab , Ibrani dan Inggris. Hasilnya, otak kanan yang biasa digunakan dalam proses membaca dalam bahasa Inggris dan Ibrani ternyata tak digunakan dalam mengenali tulisan Arab.
Entah karena ada hubungan dengan penelitian ini atau tidak, yang jelas, baru-baru ini, pihak berwenang Israel mewajibkan program baru kurikulum bahasa Arab di sekolah-sekolah dasar dan menengah di Israel. Program yang disebut “Ya Salam”, kini sudah diterapkan di 170 sekolah negeri. Yang jelas, ketika semua murid Israel kelak paham bahasa Arab, tak semua muslim muslim bisa bahasa Ibrani. Suara Hidayatullah.

0 komentar:


Posting Komentar

COUNTER

CLOCK

CHAT WITH ME

Status YM